Apa Itu Pendidikan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran? Yuk Cari Tahu Ulasannya

Posted on


Komunikasi dengan orang lain adalah bagian penting dari setiap aspek dari seluruh pengalaman hidup kita perkembangan kita, kehidupan pribadi kita, dan dalam pendidikan . Itulah mengapa penting untuk mengajari anak-anak sejak dini untuk berkomunikasi dengan baik, dan bagi kita semua untuk berlatih berkomunikasi satu sama lain secara lebih efektif.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa cara di mana proses komunikasi pribadi dan profesional dapat mempengaruhi proses belajar dan mengajar kita. Pengajaran adalah , pada intinya, komunikasi , jadi membangun soft skill yang baik sangat penting untuk mentransfer sebuah pendidikan. Jadi, tidak perlu basa basi lagi, yuk simak apa itu pendidikan komunikasi? berikut ini.

Apa itu Pendidikan Komunikasi?

Untuk memahami bagaimana mencapai komunikasi yang paling efektif dalam proses belajar dan mengajar, pertama-tama kita akan mengeksplorasi makna komunikasi itu sendiri. Yang pertama adalah Pengirim , alias sumber informasi orang yang mengirim pesan . Jika Anda yang mengajar, Andalah yang mengirim pesan dan ini adalah Anda.

Yang kedua adalah Saluran . Ini adalah sistem fisik yang mengirimkan sinyal atau pesan . Apa yang Anda gunakan untuk mengirim informasi? Sebuah gambar atau film? Sebuah presentasi? Apakah Anda berbicara dan menggunakan bahasa tubuh? Media komunikasi ini adalah saluran Anda, dan Anda harus menggunakan yang terbaik untuk mentransfer informasi.

Tujuan adalah orang yang menerima pesan siswa, anak, pasangan. Yaitu yang diajar (siswa) atau yang sedang dalam proses belajar. Ini adalah kepentingan bersama dari semua orang yang terlibat dalam proses untuk mendapatkan pesan terbaik.

Kebisingan merupakan unsur yang mengganggu komunikasi , baik pada tataran fisik maupun psikis. Kebisingan memengaruhi pesan mengubahnya atau menghapusnya . Jika Anda menggunakan video untuk mengajar, mungkin kualitasnya kurang baik, sehingga proses belajar siswa terkena dampak negatif.

Mungkin siswa tersebut berasal dari latar belakang yang berbeda dan akan menerjemahkan pesan tersebut menjadi sesuatu yang berbeda dari yang dimaksudkan oleh Pengirim. Misalnya, di bidang studi STEM, stereotip adalah kebisingan yang mengalihkan perhatian wanita untuk terlibat dalam karir STEM . 

Terakhir, Umpan Balik adalah proses yang digunakan komunikator untuk memastikan pesan yang dikirim dan diterima memiliki makna yang sedekat mungkin satu sama lain.

Apa yang Dimaksud dengan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran?

Apakah Anda seorang guru, pendidik, atau orang tua yang membantu anak Anda mengerjakan pekerjaan rumah, keterampilan komunikasi Anda yang paling penting adalah cara Anda menyajikan materi. Agar anak dapat memahami dan memproses suatu topik, topik tersebut perlu disajikan secara teratur dengan kecepatan sedang . Ini memberi anak waktu untuk mendengar dan memahami materi yang disajikan.

Penting untuk diingat bahwa komunikasi tidak hanya berbicara . Komunikasi yang optimal selalu menggunakan alat komunikasi baik verbal maupun visual. Kami tidak hanya bermaksud menggunakan gambar dan video di kelas  meskipun, ini selalu merupakan cara yang baik untuk menyampaikan pesan tetapi juga komunikasi non-verbal .

Bahasa tubuh Anda adalah bahasa itu sendiri. Semakin dinamis , semakin baik efeknya. Sudah terbukti bahwa pendidik yang berjalan-jalan dan berbicara, dan tidak hanya duduk dan membaca dari teks, mendapatkan umpan balik yang lebih baik dari siswa. 

Pilihan terbaik adalah menggabungkan presentasi non-verbal yang dinamis dengan pola bicara ekspresif, menggunakan pengulangan dan penekanan dalam suara seseorang untuk menonjolkan konsep penting. Kuncinya adalah menemukan cara terbaik untuk mengomunikasikan pesan yang ingin Anda sampaikan.  Demikianlah artikel pendidikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.